Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/430
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPurba, Bona Riyah-
dc.date.accessioned2020-02-29T09:58:24Z-
dc.date.available2020-02-29T09:58:24Z-
dc.date.issued2017-08-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/430-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD mata pelajaran matematika materi himpunan berbasis pendekatan dick and carey yang baik dan mengetahui kualitas bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan untuk mengembangkan LKPD mata pelajaran matematika materi Himpunan yang mengacu pada model pengembangan Dick and Carey. Subjek penelitian ini adalah LKPD matematika materi Himpunan. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah bahan ajar untuk siswa berupa LKPD .Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket.. LKPD terdiri dari 1 Bab yaitu himpunan. Struktur LKPD secara umum adalah Judul, petunjuk belajar, kompetensi yang akan tercapai, informasi pendukung, latihan, langkah-langkah kegiatan dan penilaian. LKPD mata pelajaran matematika materi Himpunan untuk siswa SMP kelas VII ini dikembangkan mengikuti model pengembangan Dick and Carey, yaitu: a) analysis: analisis kebutuhan yang mana menunjukkan masih terbatasnya bahan ajar, dan siswa belum dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran, analisis materi himpunan yang masih belum semua siswa mendapat nilai KKM, dan analisis karakteristik siswa yang membutuhkan bahan ajar selain buku pegangan; b) design: pengumpulan referensi, penyusunan LKPD; c) development: pembuatan bahan ajar, validasi ahli untuk mengetahui kevalidan bahan ajar, dan merevisi produk tahap I berdasarkan masukan validator; implementation: uji coba untuk memperoleh kelayakan penggunaan bahan ajar; e) evaluation: menganalisis kelayakan bahan ajar dan merevisi produk tahap II. Kualitas bahan ajar yang dikembangkan adalah: a) kevalidan dengan kriteria bagus/sesuai dan sangat bagus/sangat sesuai berdasarkan penilaian ahli media dan materi dengan skor masing-masing 4,2 dan 4,3; b) kepraktisan dengan kriteria tinggi berdasarkan penilaian guru dan siswa dengan skor masingmasing 4,5 dan 4,5.en_US
dc.subjectPengembangan bahan ajaren_US
dc.subjectLembar kerja peserta didiken_US
dc.titlePengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Dick and Carey Pada Materi Himpunan di SMP Swasta Al- Hikmah T.P 20172018en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.