Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/416
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorUtari, Ratih Sri-
dc.date.accessioned2020-02-29T09:46:34Z-
dc.date.available2020-02-29T09:46:34Z-
dc.date.issued2019-08-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/416-
dc.description.abstractRumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa SMP PAB 2 Helvetia T.P 2018/2019 ?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa SMP PAB 2 Helvetia T.P 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yang betul-betul (true experimental) dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Sampel dalam penelitian ialah kelas VIII 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 32 siswa sebagai kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan kelas VIII 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 35 siswa sebagai kelas yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Instrumen penelitian yang digunakan ialah tes dalam bentuk uraian dan lembar observasi. Dari hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperiman sebesar 41,696, sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pretest sebesar 37,793. Selain itu, diperoleh nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen yaitu sebesar 88,477 sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata posttest sebesar 80,762. Berdasarkan hasil observasi, diperoleh persentase aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning sebesar 81% yang termasuk dalam kategori aktif. Kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam kategori sangat baik dengan persentase sebesar 85%. Serta respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model pembelejaran Contextual Teaching and Learning juga positif dengan persentasenya sebesar 82%. Dari hasil uji gain, diperoleh hasil terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen ialah sebesar 0,697 yang termasuk dalam kategori tinggi dan pada kelas kontrol sebesar 0,794 yang termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan perbedaan nilai indeks gain tersebut, dapat dijelaskan bahwa nilai indeks gain kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol, yaitu 0,697>0,794. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa SMP PAB 2 Helvetia T.P 2018/2019.en_US
dc.subjectEfektifitasen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Contextual Teachingen_US
dc.titleEfektifitas Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Siswa SMP PAB 2 Helvetia T.P 20182019en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.