Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/4169
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSiagian, Mia Sanita-
dc.date.accessioned2020-06-27T07:29:55Z-
dc.date.available2020-06-27T07:29:55Z-
dc.date.issued2020-01-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/4169-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan memahami teks eksplanasi dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berdasarkan sistematika penulisan oleh siswa kelas VIII SMP Yayasan Pendidikan Keluarga Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP yang berjumlah 51 orang yang tersebar dalam 2 kelas, sampel diambil dari keseluruhan populasi karena jumlah populasi kurang dari 100. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan, yakni random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan bentuk True Experimental Design tipe Posttest-Only Control Design. Hasil penelitian yang diperoleh nilai rata-rata siswa kelas VIII A (kelas eksperimen) yang berjumlah 25 orang adalah 80,6 menunjukkan kemampuan baik. Berdasarkan hasil nilai yang diperoleh dapat diketahui bahwa 10 siswa (40%) nilai sangat baik dan 15 siswa (60%) nilai baik. Sedangkan hasil penelitian yang diperoleh nilai rata-rata kelas VII B (kelas kontrol) yang menggunakan model pembelajaran Konvensional berjumlah 26 orang adalah 72,15 menunjukkan kemampuan baik. Berdasarkan hasil nilai yang diperoleh dapat diketahui bahwa 6 siswa (23%) nilai sangat baik, 15 siswa (38%) nilai baik, 4 siswa (16%) nilai cukup dan 6 siswa( 23%) nilai kurang. Berdasarkan uraian di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa adanya pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan memahami teks eksplanasi kelas VIII SMP Yayasan Pendidikan Keluarga Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectModel Pembelajaran CIRCen_US
dc.subjectMemahami Teks Eksplanasien_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Kemampuan Memahami Teks Eksplanasi OlehSiswa Kelas VIII SMP Yayasan Pendidikan Keluarga Medan TahunPembelajaran 2019/2020en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
06. MIA SANITA SIAGIAN 2020.pdf6.74 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.