Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/4168
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNoor, Zaidan-
dc.date.accessioned2020-06-27T07:21:08Z-
dc.date.available2020-06-27T07:21:08Z-
dc.date.issued2020-03-07-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/4168-
dc.description.abstractDengan meningkatnya jumlah kendaraan di daerah Kabupaten Mandailing Natal sehingga pergerakan lalulintas yang semakin meningkat dalam menjalankan aktifitas sehari-hari yang menyebabkan tingginya arus lalulintas dan berkurangknya pergerakan lalulintas serta menurunnya kecepatan kendaraan pada ruas jalan yang kemudian dapat menimbulkan penurunan kecepatan di ruas jalan tersebut. Untuk mengetahui dan mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi tingkat pelayanan ruas jalan, apakah layak dipertahankan pada karakteristik geometrik dan perilaku lalulintas ruas jalan yang ada sekarang ini, diperlukan sebuah analisis tingkat pelayanan dan untuk itu harus dicari penyebab permasalahan yang ada sehingga dapat diketahui faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebab berkurangnya tingkat pelayan pada ruas jalan saat ini. Untuk menentukan tingkat pelayanan ruas jalan pedoman yang digunakan adalah Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Dengan melakukan perhitungan cara manual yaitu dengan menghitung jumlah lalulintas kendaraan pada ruas jalan dengan priode waktu. Data yang telah didapat dimasukkan kedalam formulir UR1, formulir UR-2 dan formulir UR-3. Data yang digunakan adalah jam puncak, yang telah dikalikan dengan satuan mobil penumpang (smp) untuk menentukan kapasitas jalan dan didukung dengan geometrik jalan yang disurvei. Hasil perhitungan dari data yang telah dikumpulkan, maka hasil perhitungan yang didapat pada tingkat pelayanan kinerja ruas jalan berdasarkan kecepatan perjalanan rata-rata nilai dan kapasitas pada ruas jalan Willem Iskandar km 5+000 – km 6+000 Kabupaten Mandailing Natal memiliki tingkat pelayanan B, artinya kondisi arus lalulintas stabil, kecepatan operasi mulai dibatasi oleh kendaraan lainnya dan mulai dirasakan hambatan oleh kendaraan lainnya.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectKapasitasen_US
dc.subjectKecepatanen_US
dc.subjectIndeks Tingkat Pelayanen_US
dc.titleAnalisis Tingkat Pelayanan Ruas Jalan Willem Iskandar Kabupaten Mandailing Natalen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Civil Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
05. Zaidan Noor.pdf3 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.