Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/414
Title: Strategi Pengembangan Koperasi Serba Usaha Muara Baimbai
Other Titles: Studi Kasus : Koperasi Serba Usaha Muara Baimbai Desa Sei Nagalawan Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai
Authors: Affandi, Ridho
Keywords: Koperasi;Potensi;Pengembangan;Strategi
Issue Date: 18-Mar-2019
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan koperasi serba usaha muara baimbai pada Koperasi Serba Usaha Muara Baimbai Desa Sei Nagalawan Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai pada bulan oktober 2018 sampai bulan desember 2018. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif untuk menjelaskan potensi ekonomi Koperasi Serba Usaha Muara Baimbai dan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats) untuk melihat lingkungan internal yaitu kekuatan dan kelemahan serta lingkungan eksternal yaitu peluang dan ancaman Koperasi Serba Usaha Muara Baimbai kemudian dirumuskanlah formulasi strategi koperasi serba usaha muara baimbai serta dilakukan analisis QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) untuk menentukan strategi prioritas yang menjadi masukan bagi koperasi serba usaha muara baimbai untuk diterapkan. Hasil penelitian menunjukan potensi ekonomi koperasi dari pemanfaatan sumberdaya lokan tanaman mangrove sebagai bahan olahan pangan serta beberapa strategi alternatif koperasi serba usaha muara baimbai strategi S-O seperti Melakukan pengembangan produk dengan memanfaatkan kualitas produk dan produk yang bervariatif, strategi S-T seperti Melakukan diversifikasi pakan budidaya pertambakan dengan pemanfaatan pakan organic, strategi W-O seperti Melakukan perbaikan infrastruktur dengan menambahkan fasilitas – fasilitas yang menarik pada ekowisata mangrove, dan Strategi W-T seperti Menawarkan potongan harga ( discount ) setiap pembelian produk lebih dari 10 bungkus untuk setiap produk. Strategi yang menjadi strategi prioritas untuk diterapkan adalah strategi S-O yaitu Melakukan pengembangan produk dengan memanfaatkan kualitas produk dan produk yang bervariatif dengan nilai TAS 6,24
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/414
Appears in Collections:Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
STRATEGI PENGEMBANGAN KOPERASI SERBA USAHA MUARA BAIMBAI (STUDI KASUS KOPERASI SERBA USAHA MUARA.pdfFulltext1.56 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.