Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/364
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAnggita, Novia-
dc.date.accessioned2020-02-29T08:50:23Z-
dc.date.available2020-02-29T08:50:23Z-
dc.date.issued2019-10-04-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/364-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Conceptual Understanding Prosedurse efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika pada siswa SMP PAB 9 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP PAB 9 Medan Tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 60 siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-5 berjumlah 30 siswa sebagai kelas control dan kelas VII-7 berjumlah 30 siswa sebagai kelas Eksperimen. Untuk kelas Eksperimen pembelajaran menggunakan Model Conceptual Understanding Prosedurse sedangkan kelas control menggunakan model ekspositori. Instrument yang digunakan berbentuk tes soal dengan menggunakan kelas VII-7 sebagai uji instrument. Berdasarkan analiss data diperoleh ada perbedaan nilai rata-rata pemahaman konsep siswa yang menggunakan model Conceptual Understanding Prosedurse dengan model ekspositori. Dilihat berdasarkan uji gan ternormalisasi pada kelas Eksperimen sebesar 64% tergolong tinggi dan kelas control 14% tergolong rendah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Conceptual Understanding Prosedurse efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep belajar matematika pada siswa SMP PAB 9 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020.en_US
dc.subjectModel Conceptual Understanding Prosedurseen_US
dc.subjectPemahaman konsep Matematikaen_US
dc.subjectEfektivitasen_US
dc.titleEfektivitas Model Pembelajaran Conceptual Understanding Prosedurse dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Belajar Matematika pada siswa SMP PAB 9 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.