Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/3626
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPradipta, Giska Trisu-
dc.date.accessioned2020-06-18T07:06:16Z-
dc.date.available2020-06-18T07:06:16Z-
dc.date.issued2020-03-02-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/3626-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kemampuan siswa kelas VIII SMP PAB 9 Klambir V tahun pembelajaran 2019-2020 dalam menulis teks eksposisi sebelum menggunakan model pembelajaran trans sector; (2) kemampuan siswa kelas VIII SMP PAB 9 Klambir V tahun pembelajaran 2019-2020 dalam menulis teks eksposisi setelah menggunakan model pembelajaran trans sector; (3) pengaruh model pembelajaran trans sector terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII PAB 9 Klambir V tahun pembelajaran 2019-2020. Penelitian dilaksanakan di SMP PAB 9 Klambir V yang terletak di Jl. Klambir V Pasar 2 PTPN Provinsi Sumatera Utara dengan jumlah populasi penelitian 203 siswa dan sampel penelitian ini berjumlah 28 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes esai. Analisis data dilakukan dengan uji Independent Sample Test berbantuan aplikasi SPSS 24 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP PAB 9 Klambir V sebelum belajar dengan model trans sector berada pada kategori kurang dengan nilai rata-rata sebesar 52,3, kemampuan menulis teks eksposisi siswa setelah belajar dengan model trans sector berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 77,5. Berdasarkan hasil uji t, diketahui bahwa model pembelajaran trans sector berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu 6,82 > 1,70 pada taraf signifikansi 0,05 sehingga hipotesis terbukti kebenarannya dan diterimaen_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectModel Trans Sector (Pengamatan Lokasi)en_US
dc.subjectTeks Eksposisien_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Pengamatan Lokasi (Trans Sector) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi oleh Siswa Kelas VIII SMP PAB 9 Klambir V Tahun Pembelajaran 2019-2020en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
04. GISKA TRISU PRADIPTA.pdf4.51 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.