Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/358
Title: Efektivitas Model Discovery Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp Swasta Pelita Medan Pada Pokok Bahasan Pola Bilangan T.A. 2019 / 2020
Authors: Agustia, Serlin
Keywords: Model Discovery Learning;Pemahaman Konsep Matematis;Efektivitas
Issue Date: 3-Oct-2019
Abstract: Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah model pembelajaran discovery learning efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII di SMP Swasta Pelita Medan ?. Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui apakah model pembelajaran discovery learning efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII di SMP Swasta Pelita Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desaian penelitian pretest posttest control grub design. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran discovery learning yang berjumlah 26 dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran ceramah yang berjumlah 27 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dengan bentuk tes uraian. Dari hasil tes yang telah dilakukan , diperoleh nilai rata-rata pretest eksperimen adalah 42,4 dan nilai rata-rata postest eksperimen adalah 80,77 sedangkan nilai rata-rata pretest kontrol adalah 44,4 dan nilai rata-rata postest kontrol adalah 72,2. Hasil uji hipotesis postest menggunakan uji-t diperoleh harga thitung = 4,1719 dan ttabel = 2,00945 dengan taraf signifikan 0,05 serta dk = n1 + n2 – 2 = 26 + 27 -2 = 51 . Karena thitung > ttabel maka Ha diterima dan HO ditolak yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan menggunakan model discovery learing dan kemmapuan pemahaman konsep matematis siwa yang diajarkan menggunakan model ceramah. Dari hasil uji gain diperoleh nilai indeks gain kelas eksperimen lebih besar dari nilai indeks gain kelas kontrol yaitu 0,66 > 0,50 atau peningkatannya 66% > 50%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa SMP Swasta Pelita Medan T.A 2019-2020.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/358
Appears in Collections:Mathematics education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.