Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/3470
Title: Efektivitas Pelaksanaan Program Kartu Indonesia Pintar (Kip) Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Smp Negeri1 Tanjung Pura Kabupaten Langkat
Authors: Pulungan, Intan Ayuni
Keywords: Pelaksanaan Program Kartu Indonesia Pintar (Kip);Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Smp Negeri1 Tanjung Pura Kabupaten Langkat
Issue Date: 20-Mar-2018
Abstract: Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) adalah Program Nasional yang bertujuan untuk menghilangkan halangan siswa miskin berpartisipasi untuk bersekolah. Dengan membantu siswa miskin memperoleh akses pelayanan pendidikan yang layak, mencegah putus sekolah, menarik siswa miskin untuk kembali bersekolah, membantu siswa memenuhi kebutuhan dalam kegiatanpembelajaran, mendukung program Wajib Belajar 12 tahun, serta membantu kelancaran program sekolah. Program Kartu Indonesia Pintar dikeluarkan karena rendahnya partisipasi pendidikan khususnya pada kelompok miskin, karena tingginya biaya pendidikan baik langsung maupun tidak langsung. Kebijakan ini berpijak pada Peraturan Presiden (perpres) Nomor 15 Tahun 2010 tentang percepatan penanggulangan kemiskinan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan program Kartu Indonesia Pintar (KIP) dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan di SMP Negeri 1 Tanjung Pura Kabupaten Langkat. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan analisis kualitatif yaitu prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan pengamatan keadaan objek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang terlihat atau sebagaimana adanya.Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) di SMP Negeri 1 Tanjung Pura Kabupaten Langkat belum berjalan dengan efektif, karena masih banyak siswa yang tidak mendapat Kartu Indonesia Pintar, kurangnya partisipasi bank dalam penyaluran dana membuat pelaksanaan program tidak berjalan tepat waktu, serta lambatnya bank penyalur menyebabkan penyaluran dana Kartu Indonesia Pintar (KIP) terbengkalai. Selain itu strategi pencapaian program Kartu Indonesia Pintar sudah berjalan dengan baik sehingga siswa dapat mengembangkan potensi diri mereka dalam belajar untuk peningkatan kualitas pendidikan. Berdasarkan penganalisa di atas dapat di simpulkan bahwa kesimpulan dalam penelitian ini adalah pelaksanaan program Kartu Indonesia Pintar yang dilaksanakan pihak sekolah belum berjalan sesuai dengan petunjuk yang diberikan hanya saja yang di berikan pihak penyalur masih kurang dalam hal berpartisipasi dan penyaluran dana dan penggunaan dana bantuannya yang masih berpotensi disalahgunakan
URI: http://repository.umsu.ac.id/xmlui/handle/123456789/3470
Appears in Collections:Public Administration Science



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.