Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/3439
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHafsah, Siti-
dc.date.accessioned2020-06-13T04:19:13Z-
dc.date.available2020-06-13T04:19:13Z-
dc.date.issued2019-08-21-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/3439-
dc.description.abstractKualitas Pelayanan adalah segala bentuk aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan atau instansi guna memenuhi harapan masyarakat. PTSL adalah proses pendaftaran tanah untuk pertama kali, yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa atau kelurahan atau nama lainnya yang setingkat dengan itu. Melalui program ini, pemerintah memberikan jaminan kepastian hukum atau hak atas tanah yang dimiliki masyarakat. Penelitian ini bertujuan bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan dalam Pelaksanaan Program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) di Kantor Pertanahan Kabupaten Deli Serdang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan analisis kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa tujuan dalam pelaksanaan program PTSL di Kantor Pertanahan Kabupaten Deli Serdang belum tercapai. Hal ini terlihat dari jumlah masyarakat yang mengikuti program PTSL masih jauh dari target yang ditetapkan di Kantor Pertanahan Deli Serdang. Prosedur pelaksanaan sudah sesuai dengan prosedur dan peraturan yang ditetapkan pemerintah karena menggunakan juknis dan juklak sebagai acuan dasar dalam melaksanakan program PTSL. Sasaran dalam program ini sudah tepat sasaran hanya saja kurangnya sosialisasi yang diberikan petugas pelaksana PTSL membuat program ini sedikit terhambat adapun hambatan lainnya yaitu kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga aset tanah miliknya. Kompetensi SDM sudah sesuai dengan keahliannya dibidang masing masing hanya saja kurangnya jumlah pegawai atau petugas pelaksana PTSL memengaruhi kinerja pegawai sehingga kurang masksimal.en_US
dc.subjectKualitas Pelayananen_US
dc.subjectn PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap)en_US
dc.titleKualitas Pelayanan Dalam Pelaksanaan Program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) Di Kantor Pertanahan Kabupaten Deli Serdangen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Public Administration Science



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.