Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/3394
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHasibuan, Yuda Prayoga Erdiansyah-
dc.date.accessioned2020-06-12T08:20:26Z-
dc.date.available2020-06-12T08:20:26Z-
dc.date.issued2019-03-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/3394-
dc.description.abstractPenyelenggaraan retribusi persampahan tidak dapat dipisahkan dari pelayanan persampahan. Pelaksana pelayanan persampahan dalam hal ini adalah desa merupakan unit terdepan dalam memberikan pelayanan persampahan untuk masyarakat sehingga dapat mencapai tujuan dari program tersebut. Berdasarkan hal tersebut maka desa memiliki kedudukan yang sangat penting untuk mencapai tujuan pelayanan persampahan, namun pada kenyataannya pelayanan yang diberikan masih belum merata berdasarkan itu maka pemerintah membuat sebuah konsep yang bertujuan pemerataan pelayanan persampahan dengan membuat kebijakan tentang retribusi persampahan. Berkenaan dengan masalah tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Deli Serdang Nomor 02 Tahun 2012 Tentang Retribusi Jasa umum dalam rangka pelayanan persampahan di Desa Tanjung Sari. metode yang digunakan dalam penyusunan ini, yaitu penelitian kualitatif dengan metode deskriptif data diperoleh dengan mengumpulkan data dan wawancara secara langsung dengan kepala desa, staff kebersihan, serta beberapa masyarakat desa Tanjung Sari. Hasil yang penelitian yang menunjukkan bahwa pelaksanaan peraturan daerah No. 02 Tahun 2012 tentang retribusi persampahan di Desa Tanjung Sari belum efektif karena masih terdapat kekurangan baik dari fasilitas dan sumber daya manusianya serta masih kurangnya sosialisasi yang dilakukan pihak desa sehingga menyebabkan kurangnya kesadaran wajib retribusi dalam membayar retribusi persampahan/ kebersihan, sarana dan prasarana yang kurang memadai, banyaknya wajib retribusi yang tidak mau membayar dan tidak mampu membayar retribusi persampahan dan masih ditemukan rusaknya fasilitas yang di berikan pihak desa kepada masyarakat sebagai bentuk pelayanan oleh pihsak desa dalam hal kebersihan. Diharapkan pihak desa lebih galak dalam melakukan sosialisasi agar menjangkau seluruh masyarakat, serta meningkatkan sumber daya yang ada dan fasilitas dalam pelayanan persampahanen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectRetribusi persampahanen_US
dc.titleImplementasi Peraturan Daerah Kabupaten Deli Serdang Nomor 02tahun 2012 Dalam Rangka Pelayanan Persampahan Di Kelurahan Tanjung Sari Deli Serdangen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Public Administration Science



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.