Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2935
Title: Analisis Pembelajaran Aqidah Akhlak di SMP Ar Rahman Percut
Authors: Ilham, Muhammad
Keywords: Pembelajaran;Aqidah Akhlak
Issue Date: 5-Oct-2019
Abstract: Muhammad Ilham, 1501020026, Analisis Pembelajaran Aqidah Akhlak Di SMP Ar-Rahman Percut, Jurusan Pendidikan Agama Islam , Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 2019. Pendidikan Aqidah dan Akhlak adalah hal terpenting dalam pembentukan sikap dan tingkah laku anak agar lebih baik dan bermoral. Namun, ketika peneliti melakukan observasi langsung di SMP Ar-Rahman Percut dan melihat fakta yang terjadi di dalam kelas, masih kurangnya guru dalam mempersiapkan pembelajaran. Baik dari media pembelajaran maupun kurang terampilnya guru dalam melaksanakan metode yang bervariasi. Dalam penelitian ini penulis bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak yang digunakan guru di SMP Ar Rahman percut serta kendala-kendala dan upaya apa saja untuk mengatasi problematika dalam pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak di SMP Ar-Rahman Percut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Metode kualitatif merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan naturalistik untuk mencari dan menemukan pengertian atau pemahaman tentang fenomena dalam suatu latar yang khusus. Penelitian deskriptif merupakan penelitian terhadap fenomena atau populasi tertentu yang diperoleh peneliti dari subyek berupa individu ataupun organisasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti ialah observasi, wawancara dan dokumentasi, adapun analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data, serta penarikan dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh ialah Pemberlakuan Kurikulum 13 yang memberikan otonomi kepada sekolah dalam mengembangkan kurikulum di SMP Ar-Rahman Percut, sehingga dalam 1 minggu mata pelajaran Aqidah Akhlak mempunyai alokasi waktu 2 jam pelajaran. Modal dasar ini sudah cukup bagi guru untuk memberikan pelajaran sambil menanamkan nilai-nilai akhlak dan moral Islami bagi peserta didik. Guru akidah akhlak menggunakan Metode ceramah, Tanya jawab, Diskusi serta Kerja Kelompok, Dan seterusnya bagi anak didik supaya mengaplikasikan dalam kehidupan nyata sehari-hari.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2935
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Muhammad Ilham.pdfFULLTEXT3.97 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.