Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2929
Title: Pengaruh Metode Reward terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP PAP-8 Sampali
Authors: Novia, Sindy
Keywords: Metode Reward;Hasil Belajar;Pendidikan Agama Islam
Issue Date: 9-Apr-2019
Abstract: SINDY NOVIA : NPM : 1501020070. “PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP PAB-8 SAMPALI” Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada peserta didik kelas VII SMP PAB-8 Sampali. Penerapan metode pemberian reward bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh metode pemberian reward terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP PAB-8 Samapali yang dibatasi dengan materi “Beriman Kepada Malaikat”. Populasi penelitian ini dengan sampel 30 orang. Populasi untuk selanjutnya dipiliih satu kelas untuk menentukan mana kelas pre-test dan post-test. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Metode yang digunakan yaitu metode reward (penghargaan). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan metode reward dan yag tidak menggunakan metode reward. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, wawancara dan tes hasil belajar siswa. Dari hasil koefisien korelasi product moment person dengan tabel nilai “r” product moment pada taraf signifikasi 5% dan 1% diperoleh rxy = 0,789 lebih besar dari rtabel baik itu taraf signifikasi 5% dan 1% (0,361 dan 0,463) dengan formulasi perbandingan yaitu (0,789 ≥ 0,361 dan 0,463). Maka dapat disimpulkan bahwa “terdapat pengaruh positif” antara Metode Pemberian Reward Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP PAB-8 Sampali.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2929
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Sindy Lengkap.pdfFULLTEXT2.07 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.