Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/27737
Title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III DI SANGGAR BIMBINGAN KEPONG MALAYSIA
Authors: Hayat, Nahrul
Keywords: Model CIRC
hasil belajar
Bahasa Indonesia.
Issue Date: 22-Apr-2025
Publisher: umsu
Abstract: Studi ini memiliki tujuan untuk mengukur dampak model (CIRC) terhadap hasil pembelajaran bahasa Indonesia di Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kepong, Malaysia. Studi ini juga berfokus pada keefektifan model CIRC dalam meningkatkan pemahaman, keterampilan analisis kritis, dan kemampuan sosial peserta didik selama kegiatan pembelajaran. Metode penelitian yang diterapkan adalah pendekatan kuantitatif dengan instrumen pengukuran uji awal dan uji akhir dalam mengumpulkan data. Analisis skor pra-tes dan pasca-tes bertujuan untuk mengukur peningkatan prestasi siswa setelah penerapan model CIRC. Analisis data dilakukan dengan uji hipotesis untuk mengukur perbedaan signifikan dalam kinerja siswa pada tahap awal dan akhir. Hasil studi memperlihatkan kemajuan yang signifikan dalam pencapaian belajar siswa setelah model CIRC diterapkan. Rata-rata skor pra-tes meningkat dari 60,2 menjadi 84,4 pada pasca-tes, dengan kenaikan sebesar 24,2 poin. Temuan dari hasil uji hipotesis menunjukkan tingkat sig 0,000, dan menunjukkan keefektifan model dalam meningkatkan pemahaman dan interaksi siswa. Namun, penelitian ini juga memiliki beberapa batasan, di antaranya jumlah sampel yang kecil dari satu kelas, yang membatasi hasil generalisasi. Durasi implementasi CIRC yang singkat dan tantangan seperti terbatasnya partisipasi siswa juga mungkin mempengaruhi temuan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27737
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Jurnal Nahrul Hayat.pdfFull Text1.72 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.