Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/27735
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSYAFITRI, ANINDI RIZQIA-
dc.date.accessioned2025-06-03T03:35:43Z-
dc.date.available2025-06-03T03:35:43Z-
dc.date.issued2025-04-17-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27735-
dc.description.abstractPendidikan adalah proses dimana setiap individu (peserta didik) memperoleh pengetahuan yang akan membantu mereka memahami, menjadi lebih dewasa, dan menjadi lebih kritis dalam berpikir. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media komedi putar bangun ruang terhadap kemampuan pemahaman siswa kelas 2 di Sanggar Bimbingan Kepong, Malaysia. Penelitian yang bersifat hipotesis dilakukan dengan menggunakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas 2 Sanggar Bimbingan Kepong Malaysia. Hasil observasi menunjukkan bahwa banyak siswa menganggap matematika, khususnya materi bangun ruang, sebagai pelajaran yang sulit dan membosankan, yang menyebabkan rendahnya hasil belajar mereka. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan media komedi putar sebagai solusi untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep bangun ruang. Data yang diperoleh dari pretest dan posttest menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman siswa. Rata-rata nilai pretest adalah 55, sedangkan rata-rata nilai posttest meningkat menjadi 86, yang menunjukkan efektivitas media pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini juga mengindikasikan bahwa media komedi putar dapat membangkitkan semangat siswa dan meningkatkan respon antusias mereka dalam belajar, serta melatih kecepatan berpikir dan pemahaman dalam menyelesaikan berbagai masalah matematika. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media komedi putar bangun ruang memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan pemahaman siswa, dan dapat menjadi alternatif yang menarik dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif dan menarik bagi siswa.en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectBangun ruangen_US
dc.subjectkemampuan pemahamanen_US
dc.titlePENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMEDI PUTAR BANGUN RUANG TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA PADA KELAS 2 DI SANGGAR BIMBINGAN KEPONG MALAYSIAen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
anindi.pdfFull Text4.39 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.