Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/27708
Title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WHOLE LANGUAGE APPROACH (WLA) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS III SDN 104200
Authors: RIZKY ANDINI, AULIA
Keywords: Model Pembelajaran
Kemampuan Membaca Pemahaman
Bahasa Indonesia
Issue Date: 23-Apr-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran whole language approach terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III SDN 104200 Karang Gading. Whole Language Approach adalah model pembelajaran bahasa yang mengintegrasikan seluruh keterampilan berbahasa (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) secara terpadu dan utuh. Pendekatan ini bertujuan menciptakan lingkungan pembelajaran yang menyeluruh, di mana bahasa tidak hanya diajarkan sebagai materi, tetapi juga diinternalisasi dalam proses pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen di mana kelas III-B sebagai kelas eksperimen diberikan perlakuan pembelajaran dengan penggunaan model pembelajaran Whole Language Approach, sedangkan kelas III-A sebagai kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi kemampuan membaca pemahaman. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan bantuan SPSS versi 26 menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran Whole Language Approach terhadap peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dikatagorikan berhasil.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27708
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_RIZKY ANDINI AULIA_2102090090.pdfFull text7.87 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.