Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/27641
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | MARBUN, MUTHYA SURYANI | - |
dc.date.accessioned | 2025-05-31T01:59:10Z | - |
dc.date.available | 2025-05-31T01:59:10Z | - |
dc.date.issued | 2025-04-21 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27641 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Model POE (Predict, Observe, Explain) Terhadap Kemampuan Kritikal Pada Pelajaran IPAS Di Kelas V SD Muhammadiyah 13 Medan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deksriptif. Pada pengambilan sampel peneliti mengambil dua kelas yaitu eksperimen dengan jumlah 24 siswa menggunakan model POE (Predict, Observe, Explain) dan kelas control dengan jumlah siswa 17 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian dilakukan melalui lembar observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kritikal siswa kelas V pada kelas control menunjukkan peningkatan dari nilai pretest sebesar 50,42 menjadi 65,42 pada postest, namun hanya 50% siswa mencapai ketuntasan, menandakan bahwa pembelajaran konvesional belum maksimal dalam mengembangkan kemampuan kritikal siswa. Kemampuan kritikal siswa kelas eksperimen mengalami peningkatan signifikan setelah diterapkan model POE, dari nilai pretest 48,82 menjadi 80,24%, menunjukkan bahwa model POE berpengaruh terhadap kemampuan kritikal siswa. | en_US |
dc.publisher | umsu | en_US |
dc.subject | Model POE (Predict, Observe, Explain) | en_US |
dc.subject | Kemampuan Kritikal Pada Pelajaran IPAS | en_US |
dc.title | PENGARUH MODEL POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) TERHADAP KEMAMPUAN KRITIKAL PADA PELAJARAN IPAS DI KELAS V SD MUHAMMADIYAH 13 MEDAN | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Skripsi_Muthya_FIX.pdf | Full Text | 6.25 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.