Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/27625
Title: Pengaruh Penggunaan Media Realita terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Sanggar Belajar Pandan Malaysia
Authors: Chairah, Nur
Keywords: Media Realita
Keaktifan Belajar Siswa
IPA.
Issue Date: 16-May-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Berdasarkan observasi di Sanggar Bimbingan ‘Aisyiyah Kampung Pandan, penulis menemukan bahwa beberapa siswa kurang aktif dalam belajar dan banyak yang tidak memahami materi yang diajarkan karena metode pengajaran guru yang hanya menjelaskan dan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media realita terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV dengan pendekatan kuantitatif dan desain penelitain eksperimen. Populasi penelitian berjumlah 21 siswa, menggunakan teknik total sampling. Data dikumpulkan melalui lembar observasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan media realita secara signifikan meningkatkan keaktifan belajar siswa. Siswa di kelas eksperimen yang menggunakan media realita menunjukkan keterlibatan dan pemahaman yang lebih baik terhadap konsep ilmiah dibandingkan siswa di kelas kontrol. Uji hipotesis menggunakan uji t menghasilkan nilai signifikansi 0,000, yang lebih rendah dari 0,05, sehingga hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Temuan ini menegaskan pentingnya metode pembelajaran yang interaktif dan kontekstual. Oleh karena itu, disarankan agar guru lebih aktif mengintegrasikan media realita dalam pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27625
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ARTIKEL NUR CHAIRAH.pdfFull text3.41 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.