Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/27614
Title: | Penggunaan Media Berbasis Pohon Literasi untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa di Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kepong Malaysia |
Authors: | Auliya, Putri Widya |
Keywords: | Media Literacy Keterampilan Membaca |
Issue Date: | 23-Apr-2025 |
Publisher: | UMSU |
Abstract: | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca nyaring pada siswa kelas III di Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kepong Malaysia. Siswa sulit memehami sebuah bacaan yang dibaca, oleh karena itu sangat diperlukannya sebuah alternatif berupa media untuk meningkatkan keterampilan membaca nyaring siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Salah media yang sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca nyaring yaitu media berbasis pohon literasi. Media ini mampu membantu siswa untuk dapat berlatih dalam membaca dan memahami isi bacaan secara jelas. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan melaui beberapa tahap yakni; perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data penelitian ini diperoleh dengan cara observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatkan keterampilan membaca siswa, dapat dilihat dari hasil skor keterampilan membaca perolehan siswa pada siklus I hasil perolehan sebesar 58,33. Selanjutnya pada siklus II memperoleh skor rata-rata pada siswa sebesar 87 hal ini mengalami peningkatan sebesar 15%. Dari hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa tindakan dengan menggunakan media berbasis pohon literasi mampu meningkatkan keterampilan membaca siswaa di sanggar bimbingan muhammadiyah kepong Malaysia. |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27614 |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
ARTIKEL_PUTRI WIDYA AULIYA_2102090218.pdf | Full text | 7.82 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.