Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/27604
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.date.accessioned | 2025-05-28T07:28:35Z | - |
dc.date.available | 2025-05-28T07:28:35Z | - |
dc.date.issued | 2025-04-23 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27604 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan keterampilan membaca pada siswa Bimbingan Muhammadiyah Kepong, Malaysia, melalui penggunaan media Bigbook. Media Bigbook merupakan salah satu metode pembelajaran yang mengintegrasikan elemen visual dan teks secara efektif, sehingga diharapkan dapat meningkatkan minat dan keterampilan membaca siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui tindakan langsung di kelas. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 22 siswa yang terlibat dalam kegiatan pembelajaran di kelas yang dijadikan objek penelitian. Siswa-siswa ini menjadi bagian dari eksperimen atau tindakan yang diambil oleh peneliti untuk mengatasi masalah yang ada dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini dilakukan dalam beberapa siklus, di mana setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan signifikan pada penguasaan keterampilan membaca siswa setelah penerapan media bigbook. Pada tahap pratindakan, sebagian besar siswa berada pada kategori kurang dengan persentase 45,45%, namun setelah penerapan KCB pada Siklus I, terjadi peningkatan dengan rata-rata persentase yang meningkat sebesar 64%. Peningkatan lebih lanjut tercatat pada Siklus II, di mana semua siswa berada pada kategori sangat baik dengan rata-rata persentase sebesar 86,4%. Selain itu, penilaian respon siswa terhadap pengguasaan keterampilan membaca melaui penggunaan media bigbook menunjukkan bahwa penggunaan media ini sangat baik dalam meningkatkan penguasaan siswa, dengan persentase penguasaan mencapai 94%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Media Bigbook sangat baik dalam meningkatkan penguasaan keterampilan membaca siswa Bimbingan kepong Malaysia. | en_US |
dc.publisher | UMSU | en_US |
dc.subject | Keterampilan Membaca | en_US |
dc.subject | Media Bigbook | en_US |
dc.subject | Siswa | en_US |
dc.title | Upaya Meningkatan Keterampilan Membaca Melalui Media Bigbook pada Siswa Bimbingan Muhammadiyah Kepong Malaysia | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
ARTIKEL_MAULINDA_2102090203.pdf | Full text | 6.86 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.