Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/27589
Title: IMPLEMENTASI MEDIA POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PENGENALAN BUDAYA INDONESIA DI SANGGAR BIMBINGAN KAMPUNG BHARU MALAYSIA
Authors: MAULIDA, NADIA
Keywords: Pop Up Book
Motivasi Belajar
Kekayaan Budaya
Issue Date: 23-Apr-2025
Publisher: umsu
Abstract: Studi ini menelaah efektivitas penggunaan media pop up book dalam meningkatkan semangat belajar siswa tentang budaya Indonesia di Sanggar Bimbingan Kampung Bharu Malaysia. Metodologi yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Peserta penelitian terdiri dari siswa Sanggar Bimbingan Kampung Bharu Malaysia. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan evaluasi hasil pembelajaran. Temuan studi menunjukkan bahwa penerapan media pop up book berhasil meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mengenal budaya Indonesia. Hal ini tercermin dari peningkatan capaian belajar siswa yang semula memperoleh nilai rata-rata 54 pada siklus I menjadi 82 pada siklus II. Peningkatan motivasi belajar juga tampak dari bertambahnya semangat siswa dalam pembelajaran, keaktifan bertanya dan berdiskusi, serta pemahaman materi budaya Indonesia yang lebih komprehensif. Penggunaan media pop up book terbukti menciptakan suasana belajar yang menarik dan interaktif, sehingga membantu siswa dalam memahami materi budaya Indonesia dengan lebih baik. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa penerapan media pop up book merupakan strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pengenalan budaya Indonesia di Sanggar Bimbingan Kampung Bharu Malaysia.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27589
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Nadia Maulida-2102090014.pdfFull Text3.57 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.