Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/27583
Title: | PENERAPAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS VIDEO AI(ARTIFICIAL INTELLIGENCE) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN DEMONSTRASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SDN 056610 |
Authors: | PUTRI, PRILLYAKOMALA |
Keywords: | Media Artificial Intelligence (AI) Kemampuan Demonstrasi Matematika |
Issue Date: | 22-Apr-2025 |
Publisher: | umsu |
Abstract: | Media Artificial Intelligence (AI) mengarah pada penggunaan teknologi kecerdasan buatan untuk mendukung dan meningkatkan Pendidikan. Sistem kecerdasan buatan yang tinggi mampu mengidentifikasi pemahaman siswa dan menyajikan materi pembelajaran secara lebih menarik. Penggunaan teknologi (Artificial Intelligence) dapat menciptakan berbagai macam bentuk media pembelajaran seperti buku digital, permainan edukatif, video pembelajaran dan lain sebagainya. Media ini menawarkan metode pembelajaran yang lebih menarik dan efektif, terutama dalam mata pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa, seperti matematika. Penerapan media interaktif berbasis video AI dalam pembelajaran juga sejalan dengan kurikulum pendidikan yang mengedepankan pendekatan yang lebih inovatif dan kreatif guna mendukung proses pembelajaran serta dapat meningkatkan kemampuan demonstrasi siswa dalam memahami materi pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 056610 Paya Tusam, yang berjumlah 30 0rang. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan melalui beberapa tindakan yaitu siklus I dan siklus II, serta berdasarkan pembahasan dan penilaian disimpulkan bahwa kemampuan demonstrasi siswa kelas IV SDN 056610 telah meningkat dengan penerapan media interaktif berbasis video AI (Artificial Intelligence). Peningkatan kemampuan tersebut dapat dilihat dari hasil observasi yang diperoleh pada setiap siklus. Kemampuan demonstrasi siswa sebelum tindakan sebesar 33%. pada siklus I kemampuan demonstrasi siswa meningkat menjadi 60%. Pada siklus II kemampuan demonstrasi anak meningkat sebesar 90%. |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27583 |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI PRILLYA KOMALA PUTRI - (2102090008).pdf | Full Text | 8.64 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.