Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/27576
Title: | PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II DI SD NEGERI 064964 SIDODAME |
Authors: | WAHYUNI, SRI |
Keywords: | Model Problem Based Learning (PBL) Hasil Belajar |
Issue Date: | 23-Apr-2025 |
Publisher: | umsu |
Abstract: | learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika Materi Bangun Ruang siswa Kelas II SD Negeri 064964 Sidodame. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling, dimana sebuah populasi atau semesta dengan cara tertentu sehingga setiap anggota populasi dimana kelas II A sebagai Kelompok Eksperimen terdapat 25 siswa yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 10 orang perempuan dan pada kelas II B sebagai Kelompok Kontrol terdapat 25 orang terdiri dari 13 orang laki laki dan 12 orang perempuan. Teknik pengumpulan data melalui tes . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD Negeri 064964 Sidodame. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan Uji “t” atau test “t”. Berdasarkan analisis data dengan hasil perhitungan menggunakan Uji “t”, dilihat dari hasil Uji Hipotesis . Berdasarkan perhitungan diatas. Maka thitung > ttabel ( 0,248 > 0,05) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, dengan rata-rata (mean) nilai hasil belajar post test kelas eksperimen yaitu 81.88 dan nilai hasil belajar post test kelas kontrol yaitu : 80.8 berada pada kategori sedang. jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar Matematika siswa Kelas II SD Negeri 064964 Sidodame. |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27576 |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
sri wahyuni skripsi (1) (1).pdf | Full Text | 6.41 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.