Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/27574
Title: | PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI BENTUK BANGUN DATAR DI KELAS 2 SD KEPONG MALAYSIA |
Authors: | ARISANTI, FITRI |
Keywords: | Media Puzzle Pemahaman Bangun Datar |
Issue Date: | 17-Apr-2025 |
Publisher: | umsu |
Abstract: | Penelitian ini berlatarbelakang dari rendahnya minat belajar siswa, khususnya dalam mata pelajaran matematika, serta keterbatasan kemampuan siswa dalam memahami bentuk bangun datar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kemampuan siswa sebelum dan sesudah penerapan media pembelajaran puzzle, serta untuk mengidentifikasi dampak penggunaan media tersebut terhadap pemahaman siswa di kelas 2 SD Kepong, Malaysia. Populasi dan sampel penelitian terdiri dari 20 siswa kelas 2 SD Kepong, Malaysia. Pengumpulan data dilakukan melalui tes yang mencakup 10 butir soal. Analisis data meliputi Uji Validitas, Uji Reliabilitas, dan Uji Hipotesis. Hasil Uji Validitas menunjukkan bahwa 9 soal tergolong valid, sementara 1 soal tidak memenuhi kriteria validitas dengan nilai koefisien sebesar 0,299. Sementara itu, hasil Uji Reliabilitas menunjukkan bahwa 9 soal yang valid memiliki nilai Cronbach's Alpha sebesar 0,798, yang menandakan tingkat reliabilitas yang baik. Uji Hipotesis melalui uji sampel berpasangan menghasilkan nilai p sebesar 0,000, yang lebih kecil dari 0,05, sehingga H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan media pembelajaran berbasis puzzle terhadap peningkatan pemahaman siswa mengenai bentuk bangun data di kelas 2 SD Kepong, Malaysia.” |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27574 |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
ARTIKEL_FITRI ARISANTI_2102090112.pdf | Full Text | 5.06 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.