Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/27564
Title: | PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS CANVA PADA PEMBELAJARANIPAS MATERIWUJUDZATDANPERUBAHANNYA DI KELAS IV SD NEGERI 101826 TUNTUNGAN |
Authors: | Febriani, Indria |
Keywords: | Pengembangan Media Berbasis Canva Pembelajaran IPAS |
Issue Date: | 21-Apr-2025 |
Publisher: | umsu |
Abstract: | Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk merancang media pembelajaran interaktif berbasis Canva serta mengkaji validasi dan kepraktisan penggunaan media tersebut pada siswa kelas IV SD Negeri 101826 Tuntungan sebagai bagian dari proses pembelajaran. Penelitian ini juga bertujuan untuk memahami sejauh mana media interaktif tersebut dapat diterima dan digunakan secara efektif oleh siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Media ini media dikembangkan dengan menggunakanpendekatan penelitian dan pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahap yaitu ( 1) analisis, (2) desain, (3) itu, (4) implementasi, dan (5) evaluasi.Pendekatan penelitian dan pengembangan ADDIE , yang memiliki lima tahap: (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. karena keterbatasan waktu dan sumber daya , studi pengembangan ini baru sampai pada tahap implementasi . Validasi media interaktif media berbasis Canva untuk materi IPAS wujud zat dan implementasinya didasarkan pada hasil evaluasi media oleh siswa.Validasi materi IPAS wujud zat dan implementasinya didasarkan pada hasil evaluasi media oleh siswa. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa media interaktif berbasis Canva memperoleh tingkat validasi sebesar 96,4%, yang termasuk dalam kategori sangat valid. Selain itu, analisis validitas media secara keseluruhan mencapai 94,6%, juga tergolong sangat valid. Validasi dari ahli bahasa menunjukkan persentase 94,6%, mengindikasikan tingkat validitas yang tinggi. Sementara itu, uji kepraktisan yang diperoleh dari tanggapan guru mencapai 96,4%, menandakan media ini sangat mudah digunakan dalam proses pembelajaran. Analisis kinerja siswa menunjukkan hasil sebesar 93%. Berdasarkan hasil analisis dari guru dan siswa, dapat disimpulkan bahwa media interaktif berbasis Canva efektif dan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran materi IPAS tentang wujud zat. Dengan demikian, media ini mampu mendukung proses pembelajaran secara optimal sesuai kebutuhan guru dan siswa. |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27564 |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI INDRIA FEBRIANI 2102090050.pdf | Full Text | 2.88 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.