Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/27550
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAfrentis, Zairina-
dc.date.accessioned2025-05-27T10:18:32Z-
dc.date.available2025-05-27T10:18:32Z-
dc.date.issued2025-04-23-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27550-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran yang belum maksimal pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan model inkuiri Terbimbing pada mata pelajaran IPA meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 060946 Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa penerapan model inkuiri Terbimbing pada mata pelajaran IPAS meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 060946 Medan. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah Observasi untuk melihat aktivitas guru dan siswa dan Tes untuk melihat ketercapaian hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Pada penelitian ini peneliti menggunakan model Inkuiri Terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Perubahan wujud zat. Sebelum melaksanakan siklus I peneliti melakukan pretes untuk mengetahui kemampuan awal siswa, diperoleh hasil belajar siswa yang tuntas sebanyak 5 siswa (20%), pada siklus I peneliti menggunakan model Inkuiri Terbimbing materi perubahan wujud zat diperoleh hasil belajar siswa yang tuntas sebanyak 18 siswa (72%), sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa yang tuntas sebanyak 24 siswa (96%), hal ini membuktikan bahwa penggunaan model inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 060946 Medan.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectModel Inkuiri Terbimbingen_US
dc.subjecthasil belajar siswaen_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Materi Perubahan Wujud Zat Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 060946 Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ZAIRINA AFRENTIS.pdfFull text2.33 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.