Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/27537
Title: | Penerapan Media Video Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa di Sanggar Bimbingan kepong, Kuala Lumpur Malaysia |
Authors: | WIWIT, LESTARI |
Keywords: | Media pembelajaran Video pembelajaran Kemampuan kognitif Taksonomi Bloom Pembelajaran student-centered |
Issue Date: | 23-Apr-2025 |
Publisher: | UMSU |
Abstract: | Penelitian ini mengkaji daya guna pelaksanaan media foto gerak bersuara (video) dalam tingkatkan keahlian kognitif siswa di Sanggar Bimbingan Kepong, Kuala Lumpur, Malaysia. Latar balik riset berangkat dari kasus pendidikan konvensional yang kurang efisien dalam meningkatkan keahlian kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sampel penelitian adalah 10 siswa kelas II yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan kesesuaian materi dan kriteria pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes (pre-test dan post-test), kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif dengan membandingkan hasil pre-test dan post-test serta analisis persentase untuk data kuesioner. Hasil riset menampilkan kenaikan signifikan pada keahlian kognitif siswa, dengan peningkatan nilai rata-rata sebesar 40 % pada hasil post-test dibanding pre-test. Tingkatan ketuntasan belajar bertambah dari 50% jadi 90%. Kenaikan terjalin pada bermacam aspek kognitif bersumber pada Taksonomi Bloom, meliputi pengetahuan (C1), pemahaman (C2), aplikasi (C3), serta analisis (C4). Sebanyak 92% siswa membagikan reaksi positif terhadap pemakaian media video, melaporkan kalau pendidikan jadi lebih menarik serta modul lebih gampang dimengerti. Riset ini pula mengenali pergantian pola pendidikan dari teacher-centered jadi student-centered, dan tantangan implementasi beserta solusinya. Akhirnya, media foto gerak bersuara (video) teruji efisien dalam menguatkan keahlian kognitif siswa serta tingkatkan atensi belajar lewat pengalaman pendidikan yang lebih interaktif serta relevan. |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27537 |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
LAPORAN JURNAL WIWIT LESTARI..pdf | Full Text | 3.71 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.