Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/27530
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | NORMALISA, NASUTION | - |
dc.date.accessioned | 2025-05-27T06:57:09Z | - |
dc.date.available | 2025-05-27T06:57:09Z | - |
dc.date.issued | 2025-04-23 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27530 | - |
dc.description.abstract | Guru yang menjalankan tugas sebagai pendidik secara professional harus memiliki kompetensi pendidik yang mampu mengikuti perkembangan zaman yaitu mampu memanfaatkan media berbasis teknologi untuk memudahkan dalam pembelajaran. Salah satu bentuk perkembangan teknologi dalam pendidikan yaitu penggunaan media video sebagai media pembelajaran yang diharapkan mampu membangun kemauan belajar siswa. Tujuan penelitian yaitu Mengetahui tahapan pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi pada materi Daerah Tempat Tinggalku di Kelas IV SDN 064965 Sidodame, Mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis video animasi pada materi Daerah Tempat Tinggalku di Kelas IV SDN 064965 Sidodame dan Mengetahui kepraktisan media pembelajaran berbasis video animasi pada materi Daerah Tempat Tinggalku di Kelas IV SDN 064965 Sidodame. Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi adalah metode penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian yaitu hasil validasi oleh ketiga validator menunjukkan rata-rata persentase keseluruhan sebesar 96 %, sehingga pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi pada materi Bentang Alam di Lingkungan Sekitarku di kelas IV SD N 064965 Sidodame termasuk dengan kualifikasi “Sangat Layak”. Hasil respon peserta didik terhadap media pembelajaran berbasis video animasi adalah sangat baik, sehingga video animasi pada materi Bentang Alam di Lingkungan Sekitarku dapat digunakan sebagai media pembelajaran di IV SD N 064965 Sidodame. Hasil tersebut dapat dilihat dari hasil persentase yang diperoleh dengan nilai rata – rata respon peserta didik yaitu 91,1% dengan kualifikasi “sangat setuju” untuk digunakan. | en_US |
dc.publisher | UMSU | en_US |
dc.subject | Pengembangan | en_US |
dc.subject | Media Pembelajaran | en_US |
dc.subject | Video | en_US |
dc.subject | Animasi | en_US |
dc.title | PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 064965 SIDODAME | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI LIS 21 APR 2025 FIX (3).pdf | Full Text | 9.48 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.