Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/27505
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorADELIA, HUSNA-
dc.date.accessioned2025-05-27T04:18:08Z-
dc.date.available2025-05-27T04:18:08Z-
dc.date.issued2025-04-23-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27505-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media papan Dakota terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) di kelas IV SDN 064964 Medan Timur. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika, khususnya pada materi KPK dan FPB yang dianggap sulit dan abstrak bagi siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain eksperimental (experimental research). Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan media papan Dakota dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan media papan Dakota yaitu sebesar 87,8, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan metode konvensional adalah sebesar 68. Siswa yang belajar menggunakan media papan Dakota memperoleh nilai rata-rata yang lebih tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media papan Dakota berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa pada materi KPK dan FPB.en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectMedia pembelajaranen_US
dc.subjectPapan Dakotaen_US
dc.subjectHasil belajaren_US
dc.titlePENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN DAKOTA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI KPK DAN FPB DI KELAS IV SDN 064964 MEDAN TIMURen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI HUSNA ADELIA.pdfFull Text6.1 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.