Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/27408
Title: Pengaruh Teknik Permainan Menyusun Kata Terhadap Kemampuan Membaca Siswa DiSanggar Bimbingan Kepong Malaysia
Authors: Silvia, Tiara
Keywords: Teknik Permainan Dalam Merangkai Kata
Kemampuan Membaca
Bahasa Indonesia.
Issue Date: 17-Apr-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Masalah utama dalam penelitian ini berkaitan dengan upaya menambah kemampuan literasi peserta didik yang diterapkan dengan metode permainan menyusun kata di jenjang kelas II pusat pembelajaran Muhammadiyah Kepong, Malaysia. Kajian ini bertujuan untuk memahami seberapa besar dampak dari strategi permainan dalam menyusun kata terhadap kemampuan literasi siswa di Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kepong, Malaysia, khususnya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Kajian ini mengimplementasikan desain eksperimen melalui pendekatan kuantitatif dan dilaksanakan melalui validasi ahli (expert judgement) serta pengujian hipotesis. Populasi yang berpartisipasi seluruh siswa kelas II terlibat dalam penelitian ini di sanggar pembinaan kepong malaysia, dengan sampel sebanyak 10 siswa yang dilibatkan dalam metode eksperimen. Instrumen yang diterapkan dalam penelitian ini meliputi tes kinerja dan dokumentasi. Tahap pengumpulan data dilakukan melalui validasi ahli (expert judgement) dan uji hipotesis. Data yang dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan pendekatan analisis berbasis kuantitatif. Temuan peneliti mengindikasikan bahwa rata-rata kemampuan membaca siswa mengalami peningkatan signifikan setelah menerapkan teknik permainan menyusun kata. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa pretest memiliki skor rata-rata sebesar 69,25, sementara posttest memiliki nilai rata-rata mengalami peningkatan menjadi 88,25. Selisih nilai ini mengindikasikan adanya peningkatan dalam kemampuan membaca siswa. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan alat permainan menyusun kalimat mempunyai dampak yang signifikan pada kemampuan literasi dasar peserta proses belajar siswa SD kelas II yang belajar di Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kepong, Malaysia.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27408
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ARTIKEL_TIARA SILVIA_2102090133.pdfFull text8.84 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.