Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/27393
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.author-, KAMALIAH-
dc.date.accessioned2025-05-24T06:11:45Z-
dc.date.available2025-05-24T06:11:45Z-
dc.date.issued2025-04-21-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27393-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas strategi pembelajaran Direct Reading Thinking Activity (DRTA) dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa di SD Muslim Suksa, Thailand. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan quasi-experimental design (desain eksperimen semu). Populasi penelitian ini berjumlah 28 siswa kelas V, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling. Instrumen penelitian berupa performance test, yang dilakukan sebelum (pre-test) dan setelah (post-test) perlakuan untuk mengukur keterampilan membaca siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan keterampilan membaca pemahaman siswa. Rata-rata skor siswa meningkat dari 28,8 pada pre-test menjadi 44 setelah menggunakan strategi DRTA. Analisis statistik menunjukkan nilai sig.2-tailed sebesar 0,000, lebih kecil dari 0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi DRTA efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa di SD Muslim Suksa, Thailand.en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectKualitatifen_US
dc.subjectProgramen_US
dc.subjectOrganisasien_US
dc.titleEFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN DIRECT READING THINKING ACTIVITY (DRTA) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA MUSLIM SUKSA THAILANDen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Artikel Kamaliah.pdfFull Text3.07 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.