Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/27393
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | -, KAMALIAH | - |
dc.date.accessioned | 2025-05-24T06:11:45Z | - |
dc.date.available | 2025-05-24T06:11:45Z | - |
dc.date.issued | 2025-04-21 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27393 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas strategi pembelajaran Direct Reading Thinking Activity (DRTA) dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa di SD Muslim Suksa, Thailand. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan quasi-experimental design (desain eksperimen semu). Populasi penelitian ini berjumlah 28 siswa kelas V, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling. Instrumen penelitian berupa performance test, yang dilakukan sebelum (pre-test) dan setelah (post-test) perlakuan untuk mengukur keterampilan membaca siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan keterampilan membaca pemahaman siswa. Rata-rata skor siswa meningkat dari 28,8 pada pre-test menjadi 44 setelah menggunakan strategi DRTA. Analisis statistik menunjukkan nilai sig.2-tailed sebesar 0,000, lebih kecil dari 0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi DRTA efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa di SD Muslim Suksa, Thailand. | en_US |
dc.publisher | umsu | en_US |
dc.subject | Kualitatif | en_US |
dc.subject | Program | en_US |
dc.subject | Organisasi | en_US |
dc.title | EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN DIRECT READING THINKING ACTIVITY (DRTA) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA MUSLIM SUKSA THAILAND | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Indonesian Language Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Artikel Kamaliah.pdf | Full Text | 3.07 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.