Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/27388
Title: | PERAN GENDER DALAM PRESTASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH SMP DINDA HAFIDZAH ISLAMIC SCHOOL DI KECAMATAN PATUMBAK |
Authors: | NURHALIZA, PUTRI |
Keywords: | Peran gender streotip prestasi belajar |
Issue Date: | 15-Apr-2025 |
Publisher: | umsu |
Abstract: | Kesetaraan gender adalah ide bahwa laki-laki dan perempuan memiliki kesempatan yang sama untuk masuk ke sekolah, bekerja, memainkan peran dalam masyarakat, dan berpartisipasi dalam pengambilan keputusan. Tantangan kedua adalah mencapai kesetaraan gender berfungsi sebagai alat untuk menemukan dan membicarakan masalah yang masih dihadapi dalam mencapai kesetaraan gender. Berdasarkan latar belakang permasalahan maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran gender dalam prestasi belajar siswa di Sekolah SMP Dinda Hafidzah Islamic School. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran gender dalam prestasi belajar siswa di sekolah SMP Dinda Hafidzah Islamic School. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif,data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi kepada guru di sekolah SMP Dinda Hafidzah Islamic School. Hasil penelitian yang telah dilakukan, ditemukan bahwa faktor gender memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa di SMP Dinda Hafidzah Islamic School. Sebagian besar siswa perempuan menunjukkan prestasi yang lebih baik dibandingkan dengan siswa laki-laki dalam mata pelajaran tertentu, terutama dalam mata pelajaran yang berkaitan dengan bahasa dan sosial. Penelitian ini menunjukkan bahwa gender sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa, meskipun faktor internal seperti motivasi pribadi, kedisiplinan, dan dukungan keluarga juga sangat penting untuk mencapai hasil yang optimal dalam pendidikan. Penelitian ini menyarankan, penting bagi sekolah untuk mengajarkan siswa tentang signifikan kesetaraan gender dalam pendidikan supaya stereotip dan bias yang dapat mempengaruhi perkembangan akademik serta non-akademik siswa bisa dihindari. |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27388 |
Appears in Collections: | Social Welfare Sciences |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI PUTRI NURHALIZA.pdf | Full Text | 3.32 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.