Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/27367
Title: | FAKTOR DOMINAN YANG MEMPENGARUHI KESIAPAN MAHASISWA MENJADI CALON GURU (Studi Kasus Mahasiswa FKIP UMSU) |
Authors: | RAHAYU, WINDA SRI |
Keywords: | Faktor Dominan Kesiapan Menjadi Calon Guru |
Issue Date: | 13-Feb-2025 |
Publisher: | umsu |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja faktor dominan yang mempengaruhi kesiapan menjadi calon guru pada mahasiswa FKIP UMSU. Pendekatan penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi kuesioner dan dokumentasi. Populasi penelitian terdiri dari seluruh mahasiswa FKIP UMSU yang meliputi tujuh program studi yaitu program studi pendidikan matematika, pendidikan bahasa indonesia, pendidikan bahasa inggris, pendidikan kewarganegaraan, pendidikan konseling, pendidikan akuntansi dan pendidikan guru sekolah dasar dengan jumlah mahasiswa sebanyak 431 responden. Pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan rumus slovin sehingga diperoleh sampel yang diteliti sebanyak 82 mahasiswa FKIP UMSU. Hasil uji faktor internal menunjukkan keadaan jasmani memiliki signifikansi sebesar 0,000<0,05 terhadap kesiapan menjadi calon guru. Intelegensi memiliki signifikansi sebesar 0,030<0,000 terhadap kesiapan menjadi calon guru. Minat dan bakat memiliki signifikansi sebesar 0,009<0,000 terhadap kesiapan menjadi calon guru. Hasil uji faktor eksternal menunjukkan keluarga memiliki signifikansi sebesar 0,021<0,05 terhadap kesiapan menjadi calon guru. Pendidikan memiliki signifikansi sebesar 0,034<0,000 terhadap kesiapan menjadi calon guru. Masyarakat memiliki signifikansi sebesar 0,047<0,000 terhadap kesiapan menjadi calon guru. Koefisien determinasi faktor internal terhadap kesiapan menjadi calon guru sebesar 0,357, sedangkan faktor koefisien determinasi faktor eksternal terhadap kesiapan menjadi calon guru sebesar 0,345. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa faktor dominan yang mempengaruhi kesiapan menjadi calon guru adalah faktor internal yang meliputi keadaan jasmani, intelegnsi serta minat dan bakat sebesar 35,7%. Sedangnkan faktor eksternal meliputi ke;luarga, pendidikan dan masyarakat memiliki pengaruh sebesar 34,5%. |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27367 |
Appears in Collections: | Accounting Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI WINDA FINIS.pdf | Full Text | 5.44 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.