Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/27331
Title: | EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PAIRED STORY TELLING TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA KELAS VI MUSLIM SUKSA THAILAND |
Authors: | NOVA AMALIA, BR.S.MELIALA |
Keywords: | Paired Storytelling Kemampuan Menyimak Pembelajaran Bahasa Indonesia |
Issue Date: | 21-Apr-2025 |
Publisher: | UMSU |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model pembelajaran Paired Story Telling terhadap kemampuan menyimak siswa kelas VI di Sekolah Dasar Muslim Suksa, Tahland. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan uji deskriptif dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS 25.0 for windows. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa pre-test dan post-test dengan metode One Group Pretest-Posttest Design, yang merupakan salah satu metode dalam penelitian eksperimen, di mana hanya menggunakan satu kelompok subjek dan mengukur variabel tertentu sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Waktu penelitian dilaksanakan pada saat peneliti pengabdian KKN Internasional di SD Suksa Thailand selama 30 hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan meyimak siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Paired Story Telling dengan rata-rata Pre-Test sebesar 50,4 meningkat sesudahnya d pada Post-Test menjadi 86,1. Pengujian hipotesis Paired Sample T-Test dengan SPSS juga dilakukan dalam penelitian. Hasil pengujian menunjukkan perolehan nillai Sig (2-Tailed) sebesar 0,000, di mana nilai tersebut tersebut lebih kecil dari 0,05 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Model Pembelajaran Paired Story Telling efektif untuk meningkatkan kemampuan Menyimak Siswa Kelas VI SD Muslim Suksa Thailand. |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27331 |
Appears in Collections: | Indonesian Language Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Artikel Nova Sembiring.pdf | Full text | 5.04 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.