Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/27250
Title: PENGARUH BUKU DONGENG FABEL TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS II DI SANGGAR BELAJAR KEPONG MALAYSIA
Authors: AZHAR, TIARA
Keywords: Buku Dongeng
Meningkatkan
Motivasi
Issue Date: 17-Apr-2025
Publisher: umsu
Abstract: Strategi penerapan membaca nyaring membuat pikiran siswa lebih fokus dan menimbulkan pertanyaan betapa sulitnya memahami membaca. Manfaat dari buku dongeng fabel yaitu: (1) untuk mengasah emosi, (2) imajinasi, (3) dan meningkatkan daya kritis siswa. Penelitian ini berbentuk penelitian kuantitatif yang dilaksanakan di Sanggar Belajar Kepong Malaysia, dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh buku dongeng fabel terhadap keterampilan membaca siswa kelas II di Sanggar Belajar Kepong Malaysia. Untuk mendapatkan data yang valid dan akurat dari siswa, maka digunakan instrumen non tes berupa lembar observasi.Hasil uji Paired Samples t-Test menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara statistik antara dua kelompok data yang diuji. Hal ini terlihat dari nilai p-value (Sig. 2-tailed) (0,001). Gambar cenderung lebih disukai oleh siswa dari pada teks tulisan seperti buku ajar yang hanya memiliki kalimat. Penggunaan buku dongeng fabel dapat meningkatkan keterlibatan dan perhatian siswa selama pembelajaran. Penggunaan buku dongeng juga dapat meningkatkan pengalaman belajar dan motivasi anak dalam belajar.
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27250
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
File Wisuda Tiara Azhar.pdfFull Text4.08 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.