Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/27216
Title: Strategi Pengawasan Program Tahfidz Qur’an Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran Di Rumah Tahfidz Miftahul Jannah Medan.
Keywords: Strategi Pengawasan
Program Tahfidz
Kualitas Pembelajaran
Issue Date: 22-Apr-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi, kendala serta upaya pengawasan program tahfidz Qur‟an dalam peningkatan kualitas pembelajaran di Rumah Tahfidz Miftahul Jannah Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Sumber data pada penelitian ini ialah data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode penelitian menggunakan teknik analisis data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengawasan program tahfidz yang diterapkan ialah pengawasan langsung oleh guru halaqah selama pembelajaran tahfidz berlangsung yang dilaksanakan selama empat sesi dalam satu hari. Kendala yang dihadapi pada pengawasan langsung meliputi ketergantungan santri kepada guru halaqah, tuntutan pengawasan kompleks bagi guru halaqah dan perbedaan tingkat kemampuan menghafal santri. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan pengawasan program tahfidz ialah meningkatkan kemandirian santri dalam menghafal, menerapkan sistem penghargaan dan konsekuensi serta meningkatkan kesejahteraan guru halaqah.
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27216
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI KHAIRUNISA.pdfFull text1.25 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.