Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/27186
Title: Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Motivasi Belajar IPAS Siswa Kelas V SDS Muhammadiyah 21 Medan
Authors: Harahap, Monica Putri
Keywords: Media Pembelajaran Interaktif
Motivasi Belajar Siswa
Issue Date: 17-Apr-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa, guru kurang menerapkan media pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa, guru hanya menerapkan metode ceramah atau hanya berpatokan dengan buku siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada kelas V di SDS Muhammadiyah 21 Medan. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDS Muhammadiyah 21 Medan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif sedangkan variable terikatnya adalah motivasi belajar siswa. Tehnik analasis data dalam penelitian ini menggunakan 6 uji yaitu uji validitas, uji realibitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji statistic dan terakhir uji hipotesis. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini adalah uji T . Pengujian hipotesis menggunakan Paired sampel T-Test yang didahului oleh beberapa uji sebelumnya. Menurut hasil uji t (Independent Samples Test) yang dilaksanakan pada media pembelajaran interaktif (X) dan motivasi belajar (Y) menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000, yang lebih rendah dari 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Dengan demikian, terdapat dampak dari penggunaan media pembelajaran interaktif terhadap motivasi belajar IPAS siswa kelas V SDS Muhammadiyah 21 Medan.
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27186
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI MONICA PUTRI HARAHAP.pdfFull text2.82 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.