Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2717
Title: Iklan Politik Pasangan Calon Gubernur Sumatera Utara Tahun 2018 Pada Media Cetak
Authors: Falufi, Dea Fadilla
Keywords: Media Cetak;Gubernur;Wakil Gubernur;klan Politik;Model AAnalisis Semiotika Charles Sanders Pierce
Issue Date: 20-Oct-2019
Abstract: Iklan politik merupakan salah satu bentuk pesan politik yang digunakan dalam proses kampanye Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara tahun 2018. Penelitian ini menggunakan Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce untuk menganalisa Iklan Politik Pasangan Calon Gubernur Sumatera Utara Tahun 2018 pada Media Cetak. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, yakni jenis penelitian yang menghasilkan penemuan-penemuan yang tidak dapat dicapai dengan menggunakan prosedur statistik atau dengan cara kuantifikasi lainnya. Penelitian ini menggunakan trikotomi kedua atau object dari segitiga makna Charles Sanders Peirce melalui jenis tanda, ditandai, dan makna. Ikon merupakan jenis tanda yang ditandai dengan atribut yang digunakan pasangan Calon Gubernur Sumatera Utara. Indeks ditandai dengan jargon politik yang digunakan pasangan Calon Gubernur Sumatera Utara, dan simbol ditandai dengan penggunaan warna dan lambang khusus. Kemudian dimaknai melalui persamaan, hubungan sebab akibat, dan kesepakatan sosial. Tujuan nya agar masyarakat mudah mengingat ciri khas dari pasangan calon tersebut. Khalayak dituntut untuk mampu mengartikan maksud dari tujuan iklan politik tersebut. Melalui penelitian ini, Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce berperan untuk membentuk kerangka berpikir masyarakat sehingga dapat menentukan pemimpin yang sesuai dengan keinginan masyarakat
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2717
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Iklan Politik Pasangan Calon Gubernur Sumatera Utara Tahun 2018 Pada Media Cetak.pdf697.61 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.