Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/27168
Title: | PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN “PANEN KANCIL” TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP KPK MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SDN 107418 BANGUN SARI BARU |
Authors: | WULANDARI, TANTRI AYU |
Keywords: | Panen Kancil Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) Pembelajaran Matematika |
Issue Date: | 22-Apr-2025 |
Publisher: | umsu |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran "Panen Kancil" terhadap pemahaman konsep Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) pada siswa kelas IV di SDN 107418 Bangun Sari Baru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group. Penelitian ini melibatkan 67 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan media "Panen Kancil" dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam pemahaman konsep KPK siswa yang diajarkan dengan media "Panen Kancil", dengan rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen mencapai 78.67, sedangkan kelompok kontrol hanya 62.50. Uji statistik menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran "Panen Kancil" berpengaruh positif terhadap pemahaman konsep KPK siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media pembelajaran yang interaktif dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa dalam belajar matematika. |
URI: | https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27168 |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI TANTRI FIKS ( OK).pdf | Full Text | 5.8 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.