Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/27167
Title: PENERAPAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 2 SD MUHAMMADIYAH 19 MEDAN
Authors: FITRI, ANISYAH
Keywords: Media Big Book
Kemampuan Membaca Permulaan
Issue Date: 22-Apr-2025
Publisher: umsu
Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa kelas 2, yang ditandai dengan kurangnya minat dan motivasi siswa dalam belajar membaca, serta penggunaan metode pembelajaran yang kurang menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan media Big Book dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 2 di SD Muhammadiyah 19 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 31 siswa kelas 2. Data dikumpulkan melalui lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta tes kemampuan membaca permulaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media Big Book dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa. Pada siklus I, hanya 32,2% siswa yang mencapai kriteria ketuntasan, sedangkan pada siklus II, persentase siswa yang tuntas meningkat menjadi 93,5%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media Big Book efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa.
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27167
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ANISAHH.pdfFull Text7.38 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.