Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/27167
Title: | PENERAPAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 2 SD MUHAMMADIYAH 19 MEDAN |
Authors: | FITRI, ANISYAH |
Keywords: | Media Big Book Kemampuan Membaca Permulaan |
Issue Date: | 22-Apr-2025 |
Publisher: | umsu |
Abstract: | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa kelas 2, yang ditandai dengan kurangnya minat dan motivasi siswa dalam belajar membaca, serta penggunaan metode pembelajaran yang kurang menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan media Big Book dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 2 di SD Muhammadiyah 19 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 31 siswa kelas 2. Data dikumpulkan melalui lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta tes kemampuan membaca permulaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media Big Book dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa. Pada siklus I, hanya 32,2% siswa yang mencapai kriteria ketuntasan, sedangkan pada siklus II, persentase siswa yang tuntas meningkat menjadi 93,5%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media Big Book efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa. |
URI: | https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27167 |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI ANISAHH.pdf | Full Text | 7.38 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.