Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/27153
Title: | PENGARUH LKPD BERBASIS PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DASAR SISWA SD DI SANGGAR BIMBINGAN KEPONG KUALA LUMPUR MALAYSIA |
Authors: | HASIBUAN, NOFRI PASONA |
Keywords: | Literasi dasar Membaca permulaan Pendekatan Teaching at the Right Level |
Issue Date: | 23-Apr-2025 |
Publisher: | umsu |
Abstract: | Rendahnya kemampuan siswa dalam literasi dasar, terutama mereka yang baru mulai membaca, menjadi dasar penelitian ini. Dasar untuk memperoleh pengetahuan lainnya adalah literasi dasar. Membaca, menulis, dan pemahaman informasi adalah contoh keterampilan literasi dasar yang merupakan pondasi awal yang sangat penting untuk mempelajari disiplin ilmu lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Lembar Kerja Siswa (LKPD) yang berbasis pada strategi Teaching at the Right Level (TaRL) dapat memengaruhi kemampuan membaca awal siswa sekolah dasar (SD) di Sanggar Bimbingan Kepong, Kuala Lumpur, Malaysia. Dengan mengadaptasi materi ajar ke tingkat keterampilan siswa, teknik TaRL berupaya meningkatkan pemahaman membaca awal. Penelitian ini menggunakan metodologi eksperimen kuantitatif dengan desain pre-test dan post-test. Sampel penelitian terdiri dari sepuluh siswa kelas dua dari Sanggar Bimbingan Kepong di Kuala Lumpur, Malaysia. Pendekatan analisis data kemudian menggunakan uji hipotesis (paired sample t test) dan uji validitas (expert judgement). Uji hipotesis digunakan untuk mengumpulkan data dan memberikan taktik yang berguna. Diketahui bahwa hasil uji statistik memiliki nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,05. Penolakan dan penerimaan menjadi bukti untuk ini. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa keterampilan literasi membaca awal anak-anak Sanggar Bimbingan Kepong Kuala Lumpur, Malaysia dipengaruhi secara signifikan oleh LKPD, yang berbasis TaRL. |
URI: | https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27153 |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
ARTIKEL_NOFRI PASONA HASIBUAN_2102090231.pdf | teks | 3.05 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.