Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2709
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHalimah, Siti-
dc.date.accessioned2020-03-18T04:36:35Z-
dc.date.available2020-03-18T04:36:35Z-
dc.date.issued2019-09-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2709-
dc.description.abstractPada penelitian ini permasalahan yaitu tingkat kemandirian dan ketahanmalangan siswa masih rendah, pemecahan masalah siswa yang sangat rendah. Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh kemandirian dan ketahanmalangan (adversity quotient) terhadap kemampuan pemecahan masalah belajar matematika pada siswa SMA Muhammadiyah 18 Sunggal T.P 2019/2020. Penelitian ini termasuk dalam eksperimen semu dengan desain Kemampuan Awal Matematika (KAM) and One Group Pre-Test and PostTest Control Design dengan menggunakan kuesioner kemandirian dan nilai AQ. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI SMA Muhammadiyah 18 Sunggal T.P 2019/2020 dan yang menjadi sampel penelitian adalah kelas XI MIA 1 dengan jumlah 30 siswa yang menjadi kelas eksperimen adalah kelas XI MIA 1 dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan tes PreTest dan Post-test. Sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan uji prasyarat : uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinier serta uji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda : uji F(imutan) dan uji t (Parsial). Pada hasil analisis data untuk uji prasyarat menyatakan bahwa data pada penelitian ini berdistribusi normal, linier dan variabel-variabelnya tidak multikolinier. . Sedangkan pada uji hipotesis, tabel Anova memiliki nilai sig yaitu 0,000 dan tabel Coefficients juga menunjukkan hasil yang sama yaitu nilai sig 0,001 pada kemandirian dan 0,010 pada ketahanmalangan sehingga H0 diterima. Hal ini berarti ada pengaruh kemandirian dan ketahanmalangan(adversity quotient) terhadap kemampuan pemecahan masalah belajar matematikan pada siswa SMA Muhammadiyah 18 Sunggal T.P 2019/2020.en_US
dc.subjectKemandirianen_US
dc.subjectKetahanmalangan (adversity qoutient)en_US
dc.subjectPemecahan masalahen_US
dc.titlePengaruh Kemandirian Dan Ketahanmalangan (Adversity Quotient) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Belajar Matematika Pada Siswa Sma Muhammadiyah 18 Sunggal T.P 2019/2020en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.