Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27051
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authornurjanah, Sintia-
dc.date.accessioned2025-05-07T06:33:08Z-
dc.date.available2025-05-07T06:33:08Z-
dc.date.issued2025-03-19-
dc.identifier.urihttps://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27051-
dc.description.abstractTujuan dari peneliti ini adalah untuk mengetahui Apakah ada pengaruh alat permainan edukatif (APE) Portable sensory path terhadap pemahaman budaya Indonesia pada anak usia dini di TK An-Najwa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan sampelnya terdiri dari 30 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui Pre/Post Test dan Instrumen Penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, dan uji hipotesis non-parametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Alat Edukatif (APE) Portable Sensory Path berpengaruh terhadap pemahaman budaya Indonesia pada anak usia dini di TK An-Najwa yang dibuktikan melalui hasil uji hipotesis Wilcoxon T test yang menolak hipotesis nol maka ada perbedaan dari hasil pre-test dan post- test pada subjek yang sama. Hasil uji hipotesis tersebut didukung melalui hasil deskriptif statistik bahwa terlihat adanya peningkatan skor pemahaman budaya setelah penerapan metode Portable Sensory Path dalam hasil post- test yang lebih tinggi dibandingkan pre-test. Anak-anak yang belajar menggunakan APE Portable Sensory Path menunjukkan pemahaman yang lebih baik mengenai budaya Indonesia dibandingkan sebelum penggunaan metode tersebut.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectAlat Permainan Edukatif Portable Sensory Pathen_US
dc.subjectPemahaman Budaya Indonesia.en_US
dc.titlePengaruh Alat Permainan Edukatif (Ape) Portable Sensory Path Terhadap Pemahaman Budaya Indonesia Pada Anak Usia Dini Di Tk An-Najwaen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
2101240008 (1).pdfFull text2.71 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.