Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27046
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorFiah, Nur Al-
dc.date.accessioned2025-05-07T05:32:44Z-
dc.date.available2025-05-07T05:32:44Z-
dc.date.issued2025-04-22-
dc.identifier.urihttps://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27046-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi penggunaan media interaktif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Swasta Hang Tuah 2 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media interaktif seperti PowerPoint interaktif, video pembelajaran, serta aplikasi kuis (Quizizz dan Wordwall) mampu meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi PAI. Dalam perencanaan, guru memilih media yang sesuai, menyusun modul ajar,, dan memastikan ketersediaan perangkat. Pada tahap pelaksanaan, media interaktif digunakan dalam penyampaian materi, diskusi, dan evaluasi pembelajaran. Penilaian dilakukan melalui tes daring. Faktor pendukung implementasi media interaktif meliputi dukungan sekolah, fasilitas teknologi, dan antusiasme siswa. Namun, terdapat kendala seperti keterbatasan akses internet dan kurangnya pelatihan guru dalam penggunaan media interaktif. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan sarana, pelatihan guru, serta penguatan infrastruktur teknologi agar implementasi media interaktif dapat berjalan lebih optimal.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectMedia Interaktifen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectPembelajaranen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectSMPen_US
dc.titleImplementasi Penggunaan Media Interaktif dalam Peningkatan Kualitas Kegiatan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Swasta Hang Tuah 2 Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
2101020109.pdfFull text7.58 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.