Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27044
Title: IMPLEMENTASI PEMBERIAN REWARD DALAM UPAYA MENANAMKAN NILAI KEDISPLINAN PADA ANAK DI TK ABA 25 MEDAN
Authors: Purwati, Suci
Keywords: Implementasi;Reward;Pendidikan Anak Usia Dini,;Disiplin
Issue Date: 15-Apr-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi pemberian reward dalam upaya menanamkan nilai kedisiplinan bagi anak usia dini beserta faktor penghambatnya. Lokasi penelitian di TK ABA 25 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif model Miles dan Huberman dengan tahap, koleksi data, kondensasi data, penyajian data, serta kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan reward di TK ABA 25 Medan dilakukan dalam berbagai bentuk, seperti pemberian hadiah, pujian, stiker lucu, dan origami berbentuk bintang atau love. (2) Untuk menanamkan nilai disiplin pada anak pemberian reward dilakukan bagi anak-anak yang disiplin pada saat kehadiran ia mampu meletakkan sepatu ke tempat nya, saat belajar ia merapikan kembali alat tulis ke tempat yang sudah di sediakan, saat bermain ia mampu bergiliran dan bergantian dalam bermain, saat jam makan tiba anak juga mampu menyusun kembali botol minum dan tempat makanannya. (3) Faktor penghambatnya adanya keterbatasan anggaran dalam pemberian reward dan juga guru harus lebih berkreasi dalam mempersiapkan reward dengan menyesuaikan minat anak. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan Implementasi pemberian reward dapat menanamkan nilai kedisiplinan pada anak usia dini khususnya di TK ABA 25 Medan.
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27044
Appears in Collections:Early Childhood Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Suci P-2.pdfFull text4.14 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.