Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27018
Title: PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP IT PERMATA HATI BANGSA TEBING TINGGI
Authors: KHADIJAH, SITI
Keywords: pengaruh;strategi pembelajaran berdiferensiasi;hasil belajar
Issue Date: 1-Mar-2025
Publisher: umsu
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Strategi pembelajaran berdiferensiasi merupakan pendekatan yang menyesuaikan proses pembelajaran dengan kebutuhan, minat, dan gaya belajar siswa guna meningkatkan pemahaman serta hasil belajar mereka. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis instrument dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Paired Samples Correlation dan Paired Samples T-Test. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa sebelum penggunaan strategi pembelajaran berdiferensi diperoleh nilai rata-rata 59,68. Dan diperoleh hasil belajar siswa setelah penggunaan strategi pembelajaran berdiferensiasi dengan nilai rata-rata 87,76. Dan diperoleh nilai nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 > 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP IT Permata Hati Bangsa Tebing Tinggi.
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27018
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
BISMILLAH FIX REVISI SKRIPSI DIJAAAAH LANGSUNG ACC SIDANG.pdfFull Text5.28 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.