Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27010
Title: | IMPLEMENTASI METODE GAMIFIKASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 7 MEDAN |
Authors: | MARCELINA, CINDI |
Keywords: | Implementasi;metode gamifikasi;pendidikan agama islam |
Issue Date: | 5-Feb-2025 |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi metode gamifikasi pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Muhammadiyah 7 Medan. Penelitian ini dilakukan berdasarkan adanya metode gamifikasi yang dilakukan oleh guru pendidikan agama islam di SMP Muhammadiyah 7 Medan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (field research). Tekhnik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan beberapa langkah yaitu, data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification (kesimpulan/verifikasi). Tekhnik keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian data dan analisis disimpulkan bahwa penerapan metode gamifikasi berhasil meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Adapun kendala yang sering terjadi saat penerapan metode gamifikasi yaitu jaringan internet sehingga waktu guru pendidikan agama islam menjadi terbatas. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan agar SMP Muhammadiyah 7 Medan terus mengembangkan dan menerapkan metode gamifikasi, serta melibatkan orang tua dalam mendukung proses pembelajaran di rumah. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan kualitas pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah- sekolah lain |
URI: | https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27010 |
Appears in Collections: | Islamic Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI CINDY MARCELINA 2101020029.pdf | Full Text | 3.44 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.