Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26995
Title: ANALISIS PENGARUH TORSI ALTERNATOR MOBIL SEBAGAI SUPLAY DAYA LISTRIK PADA INVERTER
Authors: Fajar, Aidil
Keywords: Alternator;Torsi;Inverter;Efisiensi;Suplai Daya Listrik
Issue Date: 16-Apr-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Alternator mobil berperan penting dalam menghasilkan energi listrik dengan memanfaatkan torsi yang dihasilkan oleh mesin kendaraan. Dalam penelitian ini, dilakukan analisis terhadap pengaruh torsi alternator terhadap suplai daya listrik pada inverter. Torsi yang dihasilkan oleh alternator sangat berpengaruh terhadap daya listrik yang dihasilkan, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara torsi, kecepatan putar, dan efisiensi daya listrik yang disuplai ke inverter. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pengukuran torsi dan daya listrik pada berbagai kondisi beban serta variasi kecepatan putar alternator. Pengujian dilakukan dengan menggunakan alat ukur seperti multimeter, tachometer, dan osiloskop untuk memperoleh data yang akurat mengenai performa alternator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan torsi sebanding dengan peningkatan daya listrik yang dihasilkan, namun terdapat batas optimal di mana efisiensi alternator menurun jika torsi yang diberikan terlalu besar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa torsi yang optimal dapat meningkatkan efisiensi suplai daya listrik ke inverter, sehingga alternator dapat digunakan sebagai sumber energi alternatif yang berkelanjutan. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan dapat dikembangkan sistem kelistrikan yang lebih efisien dan ramah lingkungan untuk mendukung kebutuhan energi di masa depan.
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26995
Appears in Collections:Electrical Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TUGAS AKHIR AIDIL FAJAR.pdf1.4 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.