Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26969
Title: | Peran Guru Bahasa Arab Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Teks Bahasa Arab Peserta Didik di SMP Muhammadiyah 62 Tanjung Gusta |
Authors: | Manja, Ahyu |
Keywords: | Peran Guru;Bahasa Arab;Kemampuan Membaca |
Issue Date: | 22-Mar-2025 |
Publisher: | umsu |
Abstract: | Kemampuan membaca teks berbahasa Arab merupakan keterampilan dasar yang penting dalam pembelajaran Bahasa Arab. Guru memiliki peran strategis dalam mengembangkan kemampuan ini melalui berbagai metode, strategi, dan pendekatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru Bahasa Arab dalam meningkatkan kemampuan membaca teks peserta didik, baik dari segi penggunaan metode pembelajaran, media, maupun strategi yang diterapkan di kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik peng umpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peran sebagai fasilitator, motivator, dan evaluator dalam proses pembelajaran membaca teks berbahasa Arab. Penggunaan metode seperti qira’ah, talaqqi, dan strategi pemahaman teks berbasis konteks sangat berkontribusi dalam meningkatkan keterampilan membaca peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian mengenai peran guru bahasa Arab dalam mengembangkan kemampuan membaca teks bahasa Arab peserta didik, dapat disimpulkan bahwa guru memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa. Peran tersebut mencakup berbagai aspek, seperti perencanaan pembelajaran, penerapan strategi yang sesuai, serta evaluasi terhadap kemampuan membaca peserta didik |
URI: | https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26969 |
Appears in Collections: | Islamic Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Skripsii_Ahyu_Manja_Bimillah_new[1].pdf | Full Text | 3.3 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.