Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26954
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRahmadhani, Sri-
dc.date.accessioned2025-04-30T09:29:00Z-
dc.date.available2025-04-30T09:29:00Z-
dc.date.issued2025-03-22-
dc.identifier.urihttps://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26954-
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis sejauh mana program sholat dhuha yang dilaksanakan secara rutin di sekolah memberikan pengaruh dalam membentuk karakter berakhlak mulia pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus, di mana data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program sholat dhuha memiliki dampak positif terhadap pembentukan karakter siswa, terutama dalam hal disiplin, tanggung jawab, ketekunan, dan ketaatan dalam beribadah. Siswa yang aktif mengikuti sholat dhuha cenderung menunjukkan peningkatan dalam sikap disiplin, kemandirian, dan rasa hormat terhadap guru dan sesama siswa. Program ini juga mendorong terbentuknya lingkungan sekolah yang religius dan harmonis. Dengan demikian, program sholat dhuha tidak hanya menjadi sarana untuk meningkatkan ibadah sunnah siswa, tetapi juga menjadi bagian penting dalam pengembangan karakter berakhlak mulia di kalangan siswa. Penelitian ini merekomendasikan agar program serupa terus ditingkatkan dan dikembangkan di sekolah-sekolah lain sebagai upaya dalam mendukung pendidikan karakter yang lebih baik.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectSholat dhuhaen_US
dc.subjectkarakter berakhlak mulia,en_US
dc.subjectpendidikan karakteren_US
dc.subjectSMP Muhammadiyah 07 medanen_US
dc.titleKontribusi Program Sholat Dhuha Dalam Membangun Karakter Berakhlak Mulia Di Smp Muhammadiyah 7 Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_SRI RAHMADHANI (2101020016).pdf2.44 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.